Romantisisme Islam dan Kristen

Berbicara tentang Islam dan Kristen, sungguh tidak pernah ada habisnya. Kedua agama ini merupakan agama yang memiliki penganut terbesar di dunia. Pengikut Islam kebanyakan kita bisa temukan di Indonesia, Negara Afrika dan Timur Tengah, begitu pula dengan Kristen, yang kebanyakan kita bisa temukan di Negara Barat dan Amerika Latin

Akan tetapi terlepas dari itu, sesungguhnya, kedua agama ini berasal dari keturunan Ibrahim (Abraham), dimana Ismail yang merupakan cikal bakal lahirnya ajaran Islam begitu pula dengan Ishak yang merupakan cikal bakal lahirnya ajaran Kristen.

Kedua agama ini sering terlibat konflik yang sangat hebat, contohnya konflik antara Serbia dan Bosnia, Konflik antara Islam dan Kristen di Poso dan Ambon, dll. Hal ini sangatlah mencengangkan kita semua, dimana sejatinya hakikat agama adalah melarang kemungkaran, peperangan , dan mengarahkan pengikutnya untuk menjunjung tinggi nilai Kemanusiaan ,tetapi yang terjadi malah sebaliknya.Mengapa???

Mungkin hakikat dari agama itu telah hilang dari diri kita. Kita hanya disibukkan bagaimana kita saling berlomba-lomba mencari “nasabah” untuk bergabung di agama kita, karena masing2 dari kita, menganggap agama kita yang paling benar sehingga tidak segan-segan menghujat agama lain, bukankah hal ini telah keluar dari koridor agama itu sendiri yang menjunjung tinggi sikap tenggang rasa, dan Bukankah agama bersifat pribadi, dimana setiap individu akan mempertanggung jawabkan apa yang telah dia lakukan, baik di pengadilan dunia maupun pengadilan akhirat.

Ada beberapa torehan sejarah yang menggambarkan hubungan yang mesra antara Islam dan Kristen. Ketika Rasulullah Muhammad SAW menjadi pemimpin di kota Madinah Al-Munawarah, Nabi pernah mengundang beberapa pengikut Kristen dari Najran untuk melakukan musyawarah di Masjidnya. Nabi sangat terbuka, toleran, dan akrab dengan mereka. Bahkan ketika mereka hendak melakukan ibadah kebaktian, orang2 Kristen dari Najran ini, sempat meminta izin kepada nabi untuk keluar sejenak melakukan kebaktian di depan mesjid  tetapi Nabi seraya mengatakan “tidak usahlah, cukuplah anda kebaktian disini”.

Ada riwayat lain yang menceritakan bagaimana Nabi Muhammad mengutus beberapa pengikutnya dengan menulis sebuah surat resmi kepada Raja Negus di Abyssinia (Ethiopia) yang kebetulan beragama Kristen. Nabi  pada waktu itu meminta pertolongan dari raja Negus agar Dia diberi pertolongan akan ancaman yang datang bertubi-tubi dari Mekkah.

Ketika Jerusalam di bawah naungan pasukan Muslim dimana Umar bin Khattab menjadi khlifah pada waktu itu, beliau melakukan kunjungan di Holy Sepulchre (Gereja Betlehem), dan ketika waktu salat telah tiba, Umar meminta izin untuk melakukan salat dan si pendeta member izin untuk salat di tempat itu. Akan tetapi Umar menolak karena dia khawatir suatu saat nanti, umatnya akan mengingat momen ini dan mereka akan mengubah tempat ini menjadi mesjid. Inilah bukti bahwa Umar sangat respek terhadap eksistensi umat Kristen.

Begitupula ketika Dinasti Abbasiyah yang berbasis di Irak pada waktu itu, mereka mempekerjakan banyak penganut Kristen Koptik untuk bekerja di sektor pemerintahan,khususnya di bidang treasury (Bendahara).

Itulah sekelumit torehan sejarah yang mengambarkan hubungan mesra antara Islam dan Kristen, semoga ini bisa member dampak positif bagi kita untuk menghargai perbedaan (mutual respect each other). Perbedaan hendaknya kita jadikan festival untuk saling belajar dan saling melengkapi satu sama lain, bukannya saling melecehkan dan saling mendiskreditkan. Bukankah perdamaian lebih indah daripada konflik melulu???

Yang harus kita renungkan saat ini terlepas dari sekelumit perbedaan yang dimiliki antara Islam dan Kristen khususnya dalam konsep Teologi adalah hendaknya kita sadar bahwa antara pengikut Islam dan Kristen adalah sama-sama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dan hendaknya kedua agama ini harus menjadi rahmat dan berkah bagi kemaslahatan umat manusia.

Wallahu Alam Bissawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s